Selasa, 17 Maret 2009

Dewan memanggil

Dewan Panggil Tim Khusus PJU

MAGETAN - Perseteruan pemkab dengan DPRD Magetan soal investasi yang dilakukan CV Harsari AMT kian memanas. Setelah Bupati Sumantri membentuk tim khusus, giliran dewan bereaksi.

Mendadak, Komisi IV melayangkan surat panggilan pada tim khusus agar hadir dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Senin (23/3) mendatang.

''Setelah melakukan rapat internal komisi, kami memutuskan melayangkan surat ke ketua DPRD dan bupati dan merencanakan panggil tim khusus untuk RDP,'' papar Anang Yudianto, Ketua Komisi IV DPRD setempat, kemarin (17/3).

Dia menambahkan, informasi yang diterimanya, eksekutif sudah selesai melakukan penghitungan ulang total nilai invetasi CV Harsari AMT sebagaimana diminta Komisi IV dalam RDP sebelumnya (tahun 2008, Red). Sehingga tidak ada pilihan lagi, kata dia, rapat bersama lanjutan secepatnya diagendakan.''Bisa dibilang pokok permasalahan utama berada pada cara penghitungan Pemkab soal nilai investasi, selain itu soal di sempritnya panitian anggaran DPRD oleh BPK tahun 2007 lalu, dan pihak dewan ingin minta penjelasan soal tersebut,'' jelasnya.

Dia menambahkan, meskipun kerjasama dengan CV Harsari itu sebuah investasi tapi harus rinci total pendanaan dan kepemilikan sejumlah data pendukung. Seperti total material yang telah terpasang di lapangan. Saat RDP sebelumnya, sejumlah data pendukung tersebut tidak bisa dibeberkan secara rinci bahkan nilai invetasi berubah-ubah. ''Semuanya harus rinci dan jelas, disertai penghitungan yang ideal,'' tambahnya.

Ketika ditanya seputar kengototan pemkab yang menganggap PJU tidak bermasalah, Anang mempertanyakan pernyataan tersebut. Politisi PDI Perjuangan itu memaparkan, sejumlah bukti pendukung dugaan penyimpangan fisik yang didapatkan dari hasil sidak Komisi IV bisa dijadikan bahan pembahasan RDP. ''Hasil itu pasti masih berguna meskipun kerjasama dengan CV Harsari itu sifatnya investasi, sejumlah yang menyimpang seperti kabel yang dipasang tidak sesuai spek'' tandasnya.

Sementara, Sofyan Kusuma, ketua tim khusus PJU yang ditunjuk bupati Magetan Senin lalu ketika dikonfirmasi kemarin belum menerima perintah dari bupati untuk datang RDP dengan komisi IV DPRD. ''Kami siap kapan saja jika dipanggil dewan untuk RDP,'' ujarnya singkat. (ota/rif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar